Friday, May 27, 2016

cara membuat buku pelaut bisa online

Dengan adanya sistem database baru yang diterapkan oleh Dirjen Perhubungan Laut, maka setiap Pelaut Indonesia diwajibkan untuk memiliki Buku Pelaut Online yang terintergrasi dalam sistem database kepelautan di website Pelaut Dephub ini.  Kosekswensi dari penerapan system baru ini adalah setiap Pelaut Indonesia wajib menguasai sistem IT standard, setidaknya dapat membuat email untuk pengurusan buku pelaut online.Sosialisasi Buku Pelaut Online kepada perushaan pelayaran dan perusahan perekrutan pelaut sudah dilakukan pada tangal 14 April 2016 di Swissbell Hotel Mangga Dua. Indonesian Seafares Assosiacion (INSEAS), sebagai Assosiasi Pelaut Indonesia memandang perlu sosialisasi cara pembuatan buku pelaut online juga dilakukan bagi pelaut. semoga tulisan " Pedoman Membuat Buku Pelaut Online " ini bermanfaat bagi Pelaut Indonesia.

I. Perangkat Yang Dibutuhkan: Akses Internet Kode Pelut/ Seafarers Code Browser yang kompatible untuk membuka website adalah Google Chrome Kertas beserta printer untuk mencetak bukti permohonan Syarat-syarat dokumen yang diperlukan pada saat pengajuan permohonan


II. Cara Membuka Situs Ketik www.pelaut.dephub.go.id (bisa clik langsung pada link disamping) Kemudian klik menu Aplikasi Buku Pelaut, klik sub menu Pelaut Tunggu sampai muncul tampilan login Apabila pelaut sudah mempunyai akun untuk login, maka ketikan user name dan password kemudian klik tombol login. Apabila belum mempunyai akun maka klik link create account untuk membuat akun baru Kemudian tunggu sampai muncul tampilan halaman Registrasi Pelaut Isi kode pelaut, no hp, email, username, password dan captcha pada kolom yang telah disediakan kemudian klik tombol daftar. Apabila kode pelaut terdaftar pada database kepelautan, maka sistem akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat email yang telah diisikan pada saat registrasi pelaut. Kemudian akan muncul tampilan verifikasi akun. Kemudian buka email yang telah didaftarkan saat registrasi, cek pada inbox / kotak masuk email anda.



Masukan Kode Verifikasi Setelah sukses masuk kedalam aplikasi buku pelaut, maka pelaut akan melihat dua menu utama yaitu General dan Permohonan. Menu General berisi: 
a. User Profile
 b. Change Password

Pelaut bisa memasukan profilenya pada menu User Profile dengan mengisi data-data yang tercantum didalam form dan untuk mengubah password bisa clic change Password.
 Menu Permohonan Berisi: 
a. Buku Pelaut
 b. Perpanjangan c. Penggantian Buku Pelaut
 d. Perubahan Identitas 
e. Nama dan Alamat untuk Perubahan
 f. Penambahan Data III. Permohonan Buku Pelaut 1. 
 Click BUKU PELAUT Bagi Pelaut yang belum mempunyai buku pelaut, dapat menggunakan menu ini untuk mengajukan permohonan buku pelaut.
 Langkah-langkah nya adalah sebagai berikut :
 a. Buka Menu Permohonan -> Klik Sub Menu Buku Pelaut
Permohonan Buku Pelaut ini dibagi menjadi 3 step, yaitu:

step 1 identitas pelaut, step 2 Ijazah/sertifikat, step 3 Cetak.

Step 1 Identitas Pelaut:

Pada step 1 ini berisi identitas pelaut, perlu diketahui bahwa kode pelaut, nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, kebangsaan dan jenis kelamin tidak dapat diubah, mengapa? Karena data tersebut didapat pada data sertifikat pelaut yang bersangkutan yang telah terdaftar pada sistem database sertifikasi. Namun jangan khawatir, apabila ada perubahan nama, tempat lahir, atau lainnya bisa mengkases sub menu perubahan identitas, ini akan dijelaskan pada bagian lain setelah ini.

Warna rambut, warna mata, tinggi badan, warna kulit, golongan darah, dan alamat tetap harus anda isi dengan sebenar-benarnya, karena data ini nantinya akan tercetak pada buku pelaut anda. Klik Next apabila sudah selesai mengisi identitas, kemudian akan berlanjut pada step 2


Step 2 
 Ijasah/ Sertifikat Pada step 2 ini menampilkan data Ijazah/Sertifikat yang dimiliki oleh pelaut yang bersangkutan. Pastikan data ijazah/sertifikat anda benar. Klik Next untuk tahapan selanjutnya.

Step 3 Cetak 
Pada step 3 ini pelaut boleh memilih tempat cetak buku pelaut di beberapa syahbandar yang ada (lihat gambar untuk lebih detail). Kemudian ketikan captcha yang ada disamping tulisan, lalu klik tombol Finish

Berikut adalah tampilan pada saat tombol finish diklik, klik link Print Permohonan untuk mencetat bukti pendaftaran permohonan buku pelaut.



Kemudian klik tombol “Print Permohonan” Setelah dicetak, bacalah dengan seksama kemudian datanglah ke syahbandar yang anda tunjuk sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Skema pembuatan buku pelaut online setelah mencetak permohonan seperti gambar dibawah ini:


Sistem pembuatan Buku Pelaut Online ini masih belum sempurna, salah satu masalah yang biasa terjadi adalah Web Certificates dari situs aplikasi buku pelaut online ini belum di terima atau terdaftar dalam list safe certificates, mayoritas browser akan menolak dan akan mncul tampilan seperti ini:


 Untuk mengatasinya : Click Advance - Kemudian Click Proceed to 202.61.105.88 (Untuk Broser Cromium), untuk broser lainnya seperti Mozilla Firefox, atau Google Chrome, click advance dan accept certificates. Indonesia Seafarers Association Berharap agar system ini bisa rampung dengan sempurna, agar kesulitan pelaut dalam mengakses aplikasi buku pelaut online bisa teratasi. Photo: Capture Pribadi

1 comment:

  1. Dear : Custumer Import & Domestics
    Kami dari PT. TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.



    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
    Jika ada yang inggin dipertayakan, silahkan hubunggi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com

    Best Regards,

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id

    ReplyDelete